Thursday 26 April 2012

Siapakah Kaunselor Profesional Anda ?

Kaunselor Profesional adalah seseorang yang telah berpengalaman melalui ilmu psikologi dan kaunseling.

Walaupun seorang Kaunselor Profesional bukanlah Psikolog namun paling tidak harus sudah mengetahui Psikologi secara mendasar seperti Psikologi Umum, Psikologi Kepribadian, Psikologi Perkembangan, Psikologi Abnormal dll.

Kaunselor Profesional juga harus memiliki Skill yang dikuasai dan terasah dalam praktek Kaunseling yang dijalani antara lain Verbal Skill, Awareness Body Language Skill, Observation Skill, Building Rapport Skill, Responding Skill, Acceptance Skill, Listening Skill, Reflection Skill, Focusing Skill, Intuitive Skill, Understanding Skill, Emphatic Skill, Analytic Skill, Reframing Skill dan Solving Skill.

Namun diatas segala pengetahuan yang dapat dipelajari secara kognitif, Kaunselor Profesional yang dapat memahami haruslah memiliki KEPEKAAN melalui :
  • Listening (mendengarkan)
  • Emphaty (berempati dengan diri Anda)
  • Understanding (mengerti akan persoalan yang Anda hadapi)
  • Acceptance (penerimaan akan diri Anda secara utuh)
Dan kepekaan itu dapat terasah melalui pengalaman hidup yang telah dialami oleh Kaunselor itu sendiri. Kaunselor yang telah mengalami berbagai asam garam kehidupan akan lebih menguasai berbagai Skill karana tidak hanya sekadar mempelajari tapi juga telah menjalaninya secara pribadi.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...