Thursday 26 April 2012

Ada berapa jenis Kaunseling ?

Kaunseling ditelaah melalui masalahnya dapat dibezakan menjadi dua jenis :

Kaunseling Preventif merupakan suatu proses pendampingan bagi Anda dalam menjalani hidup Anda sehingga Anda bisa mengambil keputusan bijaksana atas berbagai pilihan dalam hidup Anda.

Kaunseling Preventif merupakan proses dimana Kaunselor Profesional membantu Anda mengenal diri Anda sendiri secara menyeluruh, pola asuh dimana Anda dibesarkan, pola pikir Anda, keinginan dan cita-cita hidup Anda dan berbagai aspek lainnya. Sehingga ketika Anda mengambil keputusan yang penting dalam hidup Anda, kemungkinan terjadinya kekecewaan dan kesalahan dapat dikurangi.

Misalnya jika Anda dihadapi oleh dua pilihan, ada dua lelaki yang mencintai Anda, Konseling Preventif dapat menentukan dan melihat siapa diri Anda lebih jelas sehingga anda memilih siapa pasangan hidup Anda maka kemungkinan penyesalan dapat ditekan serendah mungkin.

Kaunseling Kuratif merupakan suatu proses pemulihan dari situasi saat ini dimana anda merasa tidak selesa atau bahkan sudah sampai tahap kesusahan yang mendalami yang terkadang sudah seperti benang kusut dimana Anda secara pribadi sudah tidak mampu mengatasi persoalan yang dihadapi dan memerlukan bimbingan dari Kaunselor Profesional untuk menuntun Anda setahap demi setahap menguraikan persoalan Anda dan menuntun Anda sehingga Anda mampu menemukan solusinya.

Terkadang Kaunseling itu sendiri merupakan perpaduan antara Kaunseling Kuratif sekaligus juga menjadi Kaunseling Preventif akan hal-hal lain yang mungkin timbul karana adanya persoalan yang sedang terjadi saat ini.

Dengan mejadikan Kaunseling sebagai Gaya Hidup Anda maka Anda akan lebih cerdas dan terbekali menghadapi hidup sehingga Anda dapat terus bertumbuh sebagai manusia seutuhnya dan mampu menikmati hidup secara utuh serta merasa puas dan bahagia.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...